PROGRAM SEMESTER ( PROSEM ) KIMIA FASE F

  PROGRAM SEMESTER ( PROSEM ) FASE F KELAS X I     Satuan Pendidikan       :    SMA /MA ……………………..................... Mata Pelaja...

 

PROGRAM SEMESTER ( PROSEM )

FASE F KELAS XI

 

 

Satuan Pendidikan      :   SMA/MA …………………….....................

Mata Pelajaran           :   KIMIA

Kelas / Semester          :   XI (Sebelas) / 1

Tahun Penyusunan     :   20 ..... / 20 .....

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA FASE F

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik; memahami konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Fase F Berdasarkan Elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Kimia

Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik.

Keterampilan proses

1.   Mengamati

Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati.

2.    Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.

3.    Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya, mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.

4.    Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi. Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan.

5.    Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya.

6.   Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.

 

No

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

BAB 1 : Senyawa Hidrogen

1

11.1.1  Mampu menganalisis kekhasan atom karbon dan struktur atom karbon

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

11.1.2  Mampu menggolongkan senyawa hidrokarbon dan mendeskripsikan tata nama senyawa hidrokarbon

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

11.1.3  Mampu mendeskripsikan sifat-sifat senyawa hidrokarbon, menganalisis reaksi-reaksi senyawa hidrokarbon dan menggambarkan ismomer senyawa hidrokarbon

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 2 : Minyak Bumi

4

11.2.1  Mampu menjelaskan pembentukan minyak bumi dan komposisi penyusun minyak bumi

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

11.2.2  Mampu mendeskripsikan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi dan kegunaannya

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3 : Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon

6

11.3.1  Menganalisis zat pencemar akibat pembakaran hidrokarbon

11.3.2  Menjelaskan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan

11.3.3  Memahami cara - cara penanggulangan dampak pembakaran hidrokarbon

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 4 : Konsep Dasar Perubahan Entalpi

7

11.4.1  Menjelaskan pengertian konsep sistem dan lingkungan

11.4.2  Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam sistem

11.4.3  Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi eksoterm

11.4.4  Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi endoterm

11.4.5  Menuliskan dan menjelaskan persamaan termokimia

11.4.6  Menuliskan dan menjelaskan diagram entalpi

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 5 : Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi

8

11.5.1  Menjelaskan pengertian entalpi reaksi, jenis-jenis entalpi reaksi, pengertian entalpi pembentukan, pengertian entalpi penguraian, pengertian entalpi pembakaran, pengertian entalpi penetralan, pengertian entalpi penguapan, pengertian entalpi peleburan, pengertian entalpi penyubliman, dan pengertian entalpi pelarutan

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

11.5.2  Menjelaskan pengertian kalorimeter

11.5.3  Menjelaskan cara penentukan besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan

11.5.4  Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan

11.5.5  Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (𝛥𝐻𝑓𝑜)

11.5.6  Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (𝛥𝐻𝑓𝑜)

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

11.5.7  Menjelaskan pengertian Hukum Hess

11.5.8  Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar Hukum Hess

11.5.9  Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar Hukum Hess

11.5.10  Menjelaskan pengertian energi ikatan

11.5.11  Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan

11.5.12  Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 6 : Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Dan Teori Tumbukan

11

11.6.1  Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.

11.6.2  Menjelaskan hubungan teori tumbukan dan hubungannya dengan faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 7 : Laju Reaksi

12

11.7.1  Menuliskan ungkapan laju reaksi

11.7.2  Menentukan persamaan laju reaksi dan orde reaksi

11.7.3  Menganalisis data untuk menentukan orde reaksi dan laju reaksi

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH JAM PELAJARAN

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

(…………………………………..)

       NIP. ........................................

 

………………. ………… 20 .....

Guru Mata Pelajaran

 

 

(…………………………………..)

  NIP. ........................................

 


 

PROGRAM SEMESTER ( PROSEM )

FASE F KELAS XI

 

Satuan Pendidikan      :   SMA/MA …………………….....................

Mata Pelajaran           :   KIMIA

Kelas / Semester          :   XI (Sebelas) / 2

Tahun Penyusunan     :   20 ..... / 20 .....

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA FASE F

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik; memahami konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Fase F Berdasarkan Elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Kimia

Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik.

Keterampilan proses

1.   Mengamati

Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati.

2.    Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.

3.    Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya, mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.

4.    Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi. Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan.

5.    Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya.

6.   Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.

 

No

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

BAB 8 : Kesetimbangan Kimia

1

11.8.1  Mampu menjelaskan konsep kesetimbangan dinamis

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

11.8.2  Mampu menentukan tetapan kesetimbangan

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 9 : Pergeseran Kesetimbangan

3

11.9.1  Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan berdasarkan Azas Le Chatelier dan penerapannya dalam industri

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 10 : Larutan Asam Dan Basa

4

11.10.1  Dapat menjelaskan sifat asam basa senyawa menurut teori asam basa

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

11.10.2  Dapat menghitung konsentrasi ion H+ dan OH- dalam larutan berdasarkan kesetimbangan ion dalam larutan

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

11.10.3  Dapat menghitung derajat keasaman (ph) larutan asam atau basa

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

11.10.4  Dapat memprediksi ph larutan asam atau basa bardasarkan indikator asam basa

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 11 : Hidrolis Garam

8

11.11.1  Mampu membandingkan garam yang dapat terhidrolisis dalam air dan menentukan sifat garam yang terhidolisis

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

11.11.2  Mampu menghitung ph larutan garam berdasarkan sifat keasamannya

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 12 : Larutan Penyangga

10

11.12.1  Menjelaskan pengertian larutan penyangga

11.12.2  Menjelaskan jenis-jenis larutan penyangga

11.12.3  Menjelaskan cara pembuatan larutan penyangga

11.12.4  Menjelaskan prinsip kerja larutan penyangga.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.12.5  Menghitung pH larutan penyangga

11.12.6  Menjelaskan peran larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 13 : Titrasi Asam Basa

11

11.13.1  Menghitung kadar atau konsentrasi suatu asam atau basa menggunakan data reaksi penetralan.

11.13.2  Menganalisis data berbagai hasil titrasi asam basa.

11.13.3  Merancang percobaan titrasi untuk menentukan kadar suatu cuka makan.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

11.13.4  Menentukan titik ekivalen berdasarkan gambar grafik titrasi asam basa.

11.13.5  Membuat grafik titrasi asam basa.

11.13.6  Menganalisis grafik titrasi asam basa.

11.13.7  Menyimpulkan hasil analisis grafik titrasi asam basa.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 14 : Sistem Koloid

13

11.14.1  Menjelaskan pengertian koloid.

11.14.2  Mengelompokkan jenis koloid.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

11.14.3  Menyebutkan sifat koloid.

11.14.4  Menjelaskan sifat koloid.

11.14.5  Menyebutkan cara pembuatan koloid.

11.14.6  Menjelaskan cara pembuatan koloid.

11.14.7  Menjelaskan pemanfaatan atau penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari.

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH JAM PELAJARAN

JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

(…………………………………..)

       NIP. ........................................

 

………………. ………… 20 .....

Guru Mata Pelajaran

 

 

(…………………………………..)

  NIP. ........................................

 

5/slider-recent
www.mgmpkimia.or.id
Nama

#Catatan S2 MPK Unmul 2020,1,Artikel,16,Berita,37,Cyclotron,1,Fakta,1,Fashion,1,Foto Kegiatan,3,Guru Bahri,13,Kafein dalam tinjauan ilmu kimia,2,Kiat-kiat sukses belajar kimia di SMA,1,Kimia X,2,Kimia XI,1,Kurikulum Merdeka,5,Materi Pelajran Kimia SMA,1,MGMP-TV,1,Natrium Sianida,1,Obat,1,Organisasi,12,OSN,1,Peran MGMP,1,Prestasi,1,Sidiandryl Diphenhydramine,1,Sidiandryl Diphenhydramine: Obat Antihistamin untuk Mengatasi Alergi dan Gejala Terkait,1,UNBK,2,Uranium,4,
ltr
item
Musyawarah Guru Kimia Bontang: PROGRAM SEMESTER ( PROSEM ) KIMIA FASE F
PROGRAM SEMESTER ( PROSEM ) KIMIA FASE F
Musyawarah Guru Kimia Bontang
https://www.mgmpkimia.or.id/2023/08/program-semester-prosem-kimia-fase-f.html
https://www.mgmpkimia.or.id/
https://www.mgmpkimia.or.id/
https://www.mgmpkimia.or.id/2023/08/program-semester-prosem-kimia-fase-f.html
true
6392786191812524804
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy