PROGRAM SEMESTER ( PROSEM ) FASE F KELAS X I Satuan Pendidikan : SMA /MA ……………………..................... Mata Pelaja...
PROGRAM
SEMESTER ( PROSEM )
FASE F KELAS XI
Satuan Pendidikan : SMA/MA …………………….....................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / 1
Tahun Penyusunan : 20 ..... / 20 .....
CAPAIAN
PEMBELAJARAN KIMIA FASE F
Pada
akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik;
memahami konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan
penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa
perkembangan ilmu kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki
pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus
membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya
agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin
memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus
memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis,
kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Fase F Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Pemahaman
Kimia |
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan
menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan
konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia
organik. |
Keterampilan
proses |
1. Mengamati Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan
pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang
diamati. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan
hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah. 3. Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai
berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya,
mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut.
Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan
teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara
sistematis dan akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan
informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan
berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan
hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi.
Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan
hasil penyelidikan. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui
perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan
proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada
metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan
selanjutnya. 6.
Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk
di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang
dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan.
Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. |
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
BAB
1 : Senyawa Hidrogen |
||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
11.1.1 Mampu
menganalisis kekhasan atom karbon dan struktur atom karbon |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
11.1.2 Mampu
menggolongkan senyawa hidrokarbon dan mendeskripsikan tata nama senyawa
hidrokarbon |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
11.1.3 Mampu
mendeskripsikan sifat-sifat senyawa hidrokarbon, menganalisis reaksi-reaksi
senyawa hidrokarbon dan menggambarkan ismomer senyawa hidrokarbon |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
2 : Minyak Bumi |
||||||||||||||||||||||||||||||||
4 |
11.2.1 Mampu
menjelaskan pembentukan minyak bumi dan komposisi penyusun minyak bumi |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
11.2.2 Mampu
mendeskripsikan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi dan kegunaannya |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
3 : Dampak Reaksi Pembakaran Hidrokarbon |
||||||||||||||||||||||||||||||||
6 |
11.3.1 Menganalisis zat pencemar akibat pembakaran
hidrokarbon 11.3.2 Menjelaskan dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan 11.3.3 Memahami cara - cara penanggulangan dampak
pembakaran hidrokarbon |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
4 : Konsep Dasar Perubahan Entalpi |
||||||||||||||||||||||||||||||||
7 |
11.4.1 Menjelaskan pengertian konsep sistem dan
lingkungan 11.4.2 Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam
sistem 11.4.3 Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi
eksoterm 11.4.4 Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi
endoterm 11.4.5 Menuliskan dan menjelaskan persamaan
termokimia 11.4.6 Menuliskan dan menjelaskan diagram entalpi |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
5 : Jenis-jenis dan Cara Penentuan Entalpi Reaksi |
||||||||||||||||||||||||||||||||
8 |
11.5.1 Menjelaskan pengertian entalpi reaksi, jenis-jenis
entalpi reaksi, pengertian entalpi pembentukan, pengertian entalpi penguraian,
pengertian entalpi pembakaran, pengertian entalpi penetralan, pengertian
entalpi penguapan, pengertian entalpi peleburan, pengertian entalpi
penyubliman, dan pengertian entalpi pelarutan |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
11.5.2 Menjelaskan
pengertian kalorimeter 11.5.3 Menjelaskan
cara penentukan besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan 11.5.4 Menghitung
besarnya entalpi reaksi berdasar data percobaan 11.5.5 Menjelaskan
cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan
standar (𝛥𝐻𝑓𝑜) 11.5.6 Menghitung
besarnya entalpi reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (𝛥𝐻𝑓𝑜)
|
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
11.5.7 Menjelaskan
pengertian Hukum Hess 11.5.8 Menjelaskan
cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar Hukum Hess 11.5.9 Menghitung
besarnya entalpi reaksi berdasar Hukum Hess 11.5.10 Menjelaskan
pengertian energi ikatan 11.5.11 Menjelaskan
cara penentuan besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan 11.5.12 Menghitung
besarnya entalpi reaksi berdasar data energi ikatan |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
6 : Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Dan Teori Tumbukan |
||||||||||||||||||||||||||||||||
11 |
11.6.1 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi berdasarkan teori tumbukan. 11.6.2 Menjelaskan
hubungan teori tumbukan dan hubungannya dengan faktor – faktor yang
mempengaruhi laju reaksi. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
7 : Laju Reaksi |
||||||||||||||||||||||||||||||||
12 |
11.7.1 Menuliskan ungkapan laju reaksi 11.7.2 Menentukan persamaan laju reaksi dan orde
reaksi 11.7.3 Menganalisis
data untuk menentukan orde reaksi dan laju reaksi |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH JAM
PELAJARAN |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah (…………………………………..) NIP. ........................................ |
|
………………. ………… 20 ..... Guru Mata
Pelajaran (…………………………………..) NIP. ........................................ |
PROGRAM
SEMESTER ( PROSEM )
FASE F KELAS XI
Satuan Pendidikan : SMA/MA …………………….....................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / 2
Tahun Penyusunan : 20 ..... / 20 .....
CAPAIAN
PEMBELAJARAN KIMIA FASE F
Pada
akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan
kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk
berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan
reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan
transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik; memahami
konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan penerapan
berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu
kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki pengetahuan Kimia
yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik
untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai
masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis
dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil
pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri,
inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Fase F Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Pemahaman
Kimia |
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan
menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan
konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia
organik. |
Keterampilan
proses |
1. Mengamati Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan
pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang
diamati. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan
hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah. 3. Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai
berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya,
mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut.
Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan
teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara
sistematis dan akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan
informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan
berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data.
Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi
yang terjadi. Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang
konsisten dengan hasil penyelidikan. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui
perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan
proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada
metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan
selanjutnya. 6.
Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk
di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang
dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan.
Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. |
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
BAB
8 : Kesetimbangan Kimia |
||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
11.8.1 Mampu
menjelaskan konsep kesetimbangan dinamis |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
11.8.2 Mampu
menentukan tetapan kesetimbangan |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
9 : Pergeseran Kesetimbangan |
||||||||||||||||||||||||||||||||
3 |
11.9.1 Mampu menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan berdasarkan
Azas Le Chatelier dan penerapannya dalam industri |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
10 : Larutan Asam Dan Basa |
||||||||||||||||||||||||||||||||
4 |
11.10.1 Dapat
menjelaskan sifat asam basa senyawa menurut teori asam basa |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
11.10.2 Dapat
menghitung konsentrasi ion H+ dan OH- dalam larutan berdasarkan kesetimbangan
ion dalam larutan |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
11.10.3 Dapat
menghitung derajat keasaman (ph) larutan asam atau basa |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
11.10.4 Dapat
memprediksi ph larutan asam atau basa bardasarkan indikator asam basa |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
11 : Hidrolis Garam |
||||||||||||||||||||||||||||||||
8 |
11.11.1 Mampu
membandingkan garam yang dapat terhidrolisis dalam air dan menentukan sifat
garam yang terhidolisis |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
11.11.2 Mampu
menghitung ph larutan garam berdasarkan sifat keasamannya |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
12 : Larutan Penyangga |
||||||||||||||||||||||||||||||||
10 |
11.12.1 Menjelaskan
pengertian larutan penyangga 11.12.2 Menjelaskan
jenis-jenis larutan penyangga 11.12.3 Menjelaskan
cara pembuatan larutan penyangga 11.12.4 Menjelaskan
prinsip kerja larutan penyangga. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.12.5 Menghitung
pH larutan penyangga 11.12.6 Menjelaskan
peran larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
13 : Titrasi Asam Basa |
||||||||||||||||||||||||||||||||
11 |
11.13.1 Menghitung
kadar atau konsentrasi suatu asam atau basa menggunakan data reaksi
penetralan. 11.13.2 Menganalisis
data berbagai hasil titrasi asam basa. 11.13.3 Merancang
percobaan titrasi untuk menentukan kadar suatu cuka makan. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
11.13.4 Menentukan
titik ekivalen berdasarkan gambar grafik titrasi asam basa. 11.13.5 Membuat
grafik titrasi asam basa. 11.13.6 Menganalisis
grafik titrasi asam basa. 11.13.7 Menyimpulkan
hasil analisis grafik titrasi asam basa. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
14 : Sistem Koloid |
||||||||||||||||||||||||||||||||
13 |
11.14.1 Menjelaskan
pengertian koloid. 11.14.2 Mengelompokkan
jenis koloid. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
11.14.3 Menyebutkan
sifat koloid. 11.14.4 Menjelaskan
sifat koloid. 11.14.5 Menyebutkan
cara pembuatan koloid. 11.14.6 Menjelaskan
cara pembuatan koloid. 11.14.7 Menjelaskan
pemanfaatan atau penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari. |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH JAM PELAJARAN |
JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah (…………………………………..) NIP. ........................................ |
|
………………. ………… 20 ..... Guru Mata
Pelajaran (…………………………………..) NIP. ........................................ |