KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) MATA PELAJARAN KIMIA Satuan Pendidikan : SMA /MA ……………………..............
KRITERIA
KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
MATA PELAJARAN KIMIA
Satuan Pendidikan : SMA/MA …………………….....................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / 1
Tahun Penyusunan : 20 ..... / 20 .....
CAPAIAN
PEMBELAJARAN KIMIA
FASE F
Pada
akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik;
memahami konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan
penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa
perkembangan ilmu kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki
pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus
membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya
agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin
memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus
memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis,
kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Fase F Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Pemahaman
Kimia |
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan
menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan
konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia
organik. |
Keterampilan
proses |
1. Mengamati Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan
pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang
diamati. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan
hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah. 3. Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai
berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya,
mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut.
Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan
teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara
sistematis dan akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan
informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan
berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data.
Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi
yang terjadi. Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang
konsisten dengan hasil penyelidikan. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui
perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan
proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada
metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan
selanjutnya. 6.
Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk
di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang
dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan.
Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. |
No |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Kriteria |
Interval Nilai |
Nilai |
Keterangan Intervensi |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1 |
11.1.1 Mampu menganalisis kekhasan atom karbon dan
struktur atom karbon 11.1.2 Mampu menggolongkan senyawa hidrokarbon dan
mendeskripsikan tata nama senyawa hidrokarbon 11.1.3 Mampu mendeskripsikan sifat-sifat senyawa
hidrokarbon, menganalisis reaksi-reaksi senyawa hidrokarbon dan menggambarkan
ismomer senyawa hidrokarbon |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
11.2.1 Mampu menjelaskan pembentukan minyak bumi
dan komposisi penyusun minyak bumi 11.2.2 Mampu mendeskripsikan teknik pemisahan
fraksi-fraksi minyak bumi dan kegunaannya |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
11.3.1 Menganalisis zat pencemar akibat pembakaran
hidrokarbon 11.3.2 Menjelaskan dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan 11.3.3 Memahami cara - cara penanggulangan dampak
pembakaran hidrokarbon |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
11.4.1 Menjelaskan pengertian konsep sistem dan
lingkungan 11.4.2 Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam
sistem 11.4.3 Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi
eksoterm 11.4.4 Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri reaksi
endoterm 11.4.5 Menuliskan dan menjelaskan persamaan
termokimia 11.4.6 Menuliskan dan menjelaskan diagram entalpi |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
11.5.1 Menjelaskan pengertian entalpi reaksi,
jenis-jenis entalpi reaksi, pengertian entalpi pembentukan, pengertian
entalpi penguraian, pengertian entalpi pembakaran, pengertian entalpi
penetralan, pengertian entalpi penguapan, pengertian entalpi peleburan,
pengertian entalpi penyubliman, dan pengertian entalpi pelarutan 11.5.2 Menjelaskan pengertian kalorimeter 11.5.3 Menjelaskan cara penentukan besarnya entalpi
reaksi berdasar data percobaan 11.5.4 Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar
data percobaan 11.5.5 Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi
reaksi berdasar perubahan entalpi pembentukan standar (𝛥𝐻𝑓𝑜)
11.5.6 Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar
perubahan entalpi pembentukan standar (𝛥𝐻𝑓𝑜) 11.5.7 Menjelaskan pengertian Hukum Hess 11.5.8 Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi
reaksi berdasar Hukum Hess 11.5.9 Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar
Hukum Hess 11.5.10 Menjelaskan pengertian energi ikatan 11.5.11 Menjelaskan cara penentuan besarnya entalpi
reaksi berdasar data energi ikatan 11.5.12 Menghitung besarnya entalpi reaksi berdasar
data energi ikatan |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
11.6.1 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi berdasarkan teori tumbukan. 11.6.2 Menjelaskan hubungan teori tumbukan dan
hubungannya dengan faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi. |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
11.7.1 Menuliskan ungkapan laju reaksi 11.7.2 Menentukan persamaan laju reaksi dan orde
reaksi 11.7.3 Menganalisis data untuk menentukan orde
reaksi dan laju reaksi |
|
|
|
|
|
|
|
Interval
Nilai |
Kriteria |
Intervensi |
|
1 |
0-40% |
Belum Tuntas |
Remedial diseluruh bagian |
2 |
41-60% |
Belum Tuntas |
Remedial dibagian yang diperlukan |
3 |
61-80% |
Sudah Tuntas |
Tidak perlu remedial |
4 |
81-100% |
Sudah Tuntas |
Diberikan pengayaan |
Mengetahui, Kepala Sekolah (…………………………………..) NIP. ........................................ |
|
………………. ………… 20 ..... Guru Mata
Pelajaran (…………………………………..) NIP. ........................................ |
KRITERIA
KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
MATA PELAJARAN KIMIA
Satuan Pendidikan : SMA/MA …………………….....................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / 2
Tahun Penyusunan : 20 ..... / 20 .....
CAPAIAN
PEMBELAJARAN KIMIA
FASE F
Pada
akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan
kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk
berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan
reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan
transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik; memahami
konsep kimia pada makhluk hidup. Peserta didik mampu menjelaskan penerapan
berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu
kima menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki pengetahuan Kimia
yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik
untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai
masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis
dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil
pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri,
inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Fase F Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Pemahaman
Kimia |
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan
menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan
konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam
perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam
membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan
kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian;
menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia
organik. |
Keterampilan
proses |
1. Mengamati Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan
pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang
diamati. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Merumuskan pertanyaan ilmiah dan
hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah. 3. Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai
berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya,
mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut.
Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan
teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara
sistematis dan akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan informasi
yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan berbagai
metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan
hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi.
Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan
hasil penyelidikan. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui
perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan
proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada
metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan
selanjutnya. 6.
Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk
di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang
dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan.
Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. |
No |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Kriteria |
Interval Nilai |
Nilai |
Keterangan Intervensi |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1 |
11.8.1 Mampu menjelaskan konsep kesetimbangan
dinamis 11.8.2 Mampu menentukan tetapan kesetimbangan |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
11.9.1 Mampu menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan berdasarkan Azas Le Chatelier dan
penerapannya dalam industri |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
11.10.1 Dapat menjelaskan sifat asam basa senyawa
menurut teori asam basa 11.10.2 Dapat menghitung konsentrasi ion H+ dan
OH- dalam larutan berdasarkan kesetimbangan ion dalam larutan 11.10.3 Dapat menghitung derajat keasaman (ph) larutan
asam atau basa 11.10.4 Dapat memprediksi ph larutan asam atau
basa bardasarkan indikator asam basa |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
11.11.1 Mampu membandingkan garam yang dapat
terhidrolisis dalam air dan menentukan sifat garam yang terhidolisis 11.11.2 Mampu menghitung ph larutan garam
berdasarkan sifat keasamannya |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
11.12.1 Menjelaskan pengertian larutan penyangga 11.12.2 Menjelaskan jenis-jenis larutan penyangga 11.12.3 Menjelaskan cara pembuatan larutan
penyangga 11.12.4 Menjelaskan prinsip kerja larutan
penyangga. 11.12.5 Menghitung pH larutan penyangga 11.12.6 Menjelaskan peran larutan penyangga dalam
kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
11.13.1 Menghitung kadar atau konsentrasi suatu
asam atau basa menggunakan data reaksi penetralan. 11.13.2 Menganalisis data berbagai hasil titrasi
asam basa. 11.13.3 Merancang percobaan titrasi untuk
menentukan kadar suatu cuka makan. 11.13.4 Menentukan titik ekivalen berdasarkan
gambar grafik titrasi asam basa. 11.13.5 Membuat grafik titrasi asam basa. 11.13.6 Menganalisis grafik titrasi asam basa. 11.13.7 Menyimpulkan hasil analisis grafik titrasi
asam basa. |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
11.14.1 Menjelaskan pengertian koloid. 11.14.2 Mengelompokkan jenis koloid. 11.14.3 Menyebutkan sifat koloid. 11.14.4 Menjelaskan sifat koloid. 11.14.5 Menyebutkan cara pembuatan koloid. 11.14.6 Menjelaskan cara pembuatan koloid. 11.14.7 Menjelaskan pemanfaatan atau penerapan
sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
|
|
|
|
Interval
Nilai |
Kriteria |
Intervensi |
|
1 |
0-40% |
Belum Tuntas |
Remedial diseluruh bagian |
2 |
41-60% |
Belum Tuntas |
Remedial dibagian yang diperlukan |
3 |
61-80% |
Sudah Tuntas |
Tidak perlu remedial |
4 |
81-100% |
Sudah Tuntas |
Diberikan pengayaan |
Mengetahui, Kepala Sekolah (…………………………………..) NIP. ........................................ |
|
………………. ………… 20 ..... Guru Mata
Pelajaran (…………………………………..) NIP. ........................................ |
COMMENTS